Konstruksi Sosial Beauty Activists Terhadap Green Product The Body Shop Di Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.62383/aliansi.v1i5.478Keywords:
Ramah Lingkungan, Konstruksi, Beauty Activists, The Body Shop, Green ConsumersAbstract
Fenomena green consumers di Indonesia masih terus berkembang seiring dengan peningkatan kesadaran dan edukasi terkait isu-isu lingkungan. Salah satu produk yang green product yaitu produk The Body Shop. The Body Shop melakukan konstruksi pengetahuannya terhadap beauty activists sehingga beauty activists juga melakukan konstruksi pengetahuannya kepada lingkungan sosialnya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konstruksi pengetahuan yang dibangun oleh beauty activists terkait green product yang ada di Kota Batam. Penelitian ini menggunakan metode peneltian kualitatif dengan informan sebanyak 10 orang yang didalamnya terdapat manager dari The Body Shop dan beauty activists yang tergabung ke dalam customer The Body Shop. Penelitian ini menggunakan teknik dan alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa di dalam penelitian ini konstruksi beauty activists sudah terbangun yaitu dengan berupa pengetahuan-pengetahuan baru untuk meciptakan adanya pengetahuan, kesadaran, kepedulian dan peningkatan rasa kepemilikan dari beauty activists terhadap produk The Body Shop. Beauty activists juga sudah melakukan konstruksi kepada lingkungan sosialnya dan beauty activists juga sudah memahami green product ini karena mereka sudah menunjukkan bahwa produk yang mereka pilih dan gunakan sudah memberikan dampak dan adanya pengetahuan-pengetahun baru yang juga disampaikan dari The Body Shop.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aliansi: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Sosial Humaniora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.