Strategi Pembelajaran Kooperatif Terhadap Peningkatan Karakter Religius Siswa dalam Mata Pelajaran PAI

Authors

  • Nurlaila Ramadhani Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Nisa Adriani Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Gusmaneli Gusmaneli Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.62383/aliansi.v2i3.876

Keywords:

Cooperative learning strategy, Islamic Education, Religious character

Abstract

This study aims to explore how cooperative learning strategies contribute to the enhancement of students’ religious character within the context of Islamic Religious Education (PAI). Using a literature review approach, this research collects and analyzes various scholarly sources concerning cooperative learning models, religious character values, and the teacher’s role in shaping students' personalities based on Islamic principles. The findings indicate that cooperative learning strategies not only engage students cognitively but also create a learning environment that fosters the internalization of religious values such as honesty, responsibility, discipline, empathy, and tolerance. The teacher's role as a facilitator is crucial in guiding group dynamics to be infused with moral and spiritual values. Thus, this strategy proves to be both relevant and effective in supporting a holistic approach to religious character education.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhyar, M., & Kosim, M. (2024). Gagasan pembaharuan pendidikan Islam berkemajuan perspektif KH Ahmad Dahlan. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 12(1), 1–19. https://doi.org/10.52185/kariman.v12i1.379

Akhyar, M., & Zukdi, I. (2025). Ahmad Dahlan’s thoughts on education as a means of empowering the people. World Journal of Islamic Learning and Teaching, 2(1), 1–12.

Akhyar, M., Sesmiarni, Z., Gusli, R. A., & Al Faruq, M. A. (2025). Pendekatan inovatif dalam meningkatkan manajemen mutu berbasis sekolah. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 13(1), 133–153.

Didik, D. (2021). Implementasi model pembelajaran kooperatif mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan karakter siswa di SMPN 2 Pagantenan Pamekasan [Skripsi, IAIN Madura].

Ernawati, E. (2023). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI pada siswa kelas VI SD Negeri 8 Sungai Raya. Learning: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 205–211.

Evita, E. (2018). Perbedaan hasil belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Market Place Activity dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 1 Binangga Kecamatan Marawola [Skripsi, IAIN Palu].

Hartati, S. (2023). Pembelajaran partisipatif dengan metode game pada rumpun Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lampung Tengah. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 7(1), 110–122.

Hasan, M. S., Rozaq, A., & Saifullah, R. (2024). Peningkatan pemahaman siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak melalui model pembelajaran kooperatif mind mapping. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 4(2), 237–251.

Jannah, S. R., & Aisyah, N. (2021). Strategi pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 4(1), 42–59.

Kartika, A. (2022). Peningkatan prestasi belajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam materi jujur. Asaatidzah, 2(2), 129–137.

Khusna, D. N., Nursafitri, L., & Sari, N. I. (2024). Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Tadarus Tarbawy: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 6(2).

Lestari, D., Budianti, Y., & Rifai, M. (2023). Pengembangan modul PAI berbasis nilai-nilai akhlak Al-Karimah untuk meningkatkan karakter religius siswa. Research and Development Journal of Education, 9(2), 1159–1170.

Mahfutri, A. E., & Fahyuni, E. F. (2023). Penerapan metode kooperatif tipe Jigsaw dengan menggunakan strategi active learning terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(3), 2655–2661.

Pasani, C. F., Kusumawati, E., & Imanisa, D. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dalam pembelajaran matematika untuk membina karakter tanggung jawab dan disiplin siswa. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2).

Sriyani, A. (2023). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dalam mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 11 Bogor. (Artikel belum dilengkapi data jurnal lengkap – harap ditambahkan jika tersedia).

Downloads

Published

2025-04-25

How to Cite

Nurlaila Ramadhani, Nisa Adriani, & Gusmaneli Gusmaneli. (2025). Strategi Pembelajaran Kooperatif Terhadap Peningkatan Karakter Religius Siswa dalam Mata Pelajaran PAI. Aliansi: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(3), 44–55. https://doi.org/10.62383/aliansi.v2i3.876

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.