Peran Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap Kewirausahaan Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.62383/aktivisme.v2i1.693Keywords:
Character Education, Entrepreneurship, Elementary School Students, Creativity, IndependenceAbstract
This study aims to understand the role of character education in the formation of entrepreneurial attitudes in elementary school students. Character education is considered an important foundation for developing entrepreneurial skills, such as independence, creativity, hard work, and the courage to take risks. The method used in this study is descriptive-qualitative through literature studies, analyzing various relevant sources regarding the implementation of entrepreneurship education at the elementary school level. The findings of the study indicate that character education can be effective in forming entrepreneurial attitudes in students if implemented through integration into subjects, personal development activities, extracurricular programs and local content. By consistently applying character values, students can develop self-confidence, responsibility, and innovative mindsets that support them to become entrepreneurs in the future. This study provides recommendations for educators and policy makers to design comprehensive and applicable education programs to instill entrepreneurial character from an early age.
Downloads
References
Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto, T. (2020). Bahan ajar sebagai bagian dalam kajian problematika pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Salaka: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya Indonesia, 2(1).
Allolinggi, L. R. (2014). Analisa pembelajaran IPS bermuatan nilai-nilai kewirausahaan di sekolah dasar (Studi kasus pada pembelajaran IPS kelas IV SDPN Pajagalan 58 Bandung). II(3), 293-307.
Barnawi, & Arifin, M. (2012). Buku pintar mengelola sekolah (Swasta). Jogjakarta: Arr-Ruzz Media.
Budi, B., & Fensi, F. (2018). Pengaruh pendidikan kewirausahaan dalam menumbuhkan minat berwirausaha. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 2(1).
Christiani, E. D., & Sriwijayanti, R. P. (2016, April). Penerapan pendidikan kewirausahaan di sekolah dasar dalam upaya menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan dan Pembela-fijaran STKIP PGRI Jombang Jawa Timur, Indonesia.
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1-13.
Hermany, H. (2019). Pendidikan karakter kewirausahaan di sekolah menengah kejuruan untuk meningkatkan minat berwirausaha di SMK Negeri 1 Sakra. Fondatia, 3(2), 59-73.
Hidayat, T. (2016, October). Pengembangan e-comic integratif tematik terpadu di kelas IV sekolah dasar sebagai alternatif bentuk wirausaha bagi guru. In Seminar Nasional PGSD 2016.
Indonesia, R. (2019). Undang-Undang No. 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) Tahun 2005-2025. Diakses dari https://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2007/17TAHUN2007UU.HTM pada 27.
Kemendiknas. (2010). Pengembangan pendidikan karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Pusat Kurikulum.
Khulafa, F. N., Umami, F. Z., & Putri, R. H. (2017). Pengembangan pendidikan kewirausahaan di sekolah dasar.
Kusuma, F. W. (2017). Pengaruh kinerja layanan pembelajaran praktik kayu terhadap kesiapan mahasiswa pendidikan teknik bangunan sebagai wirausaha (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Margahana, H., & Triyanto, E. (2019). Membangun tradisi entrepreneurship pada masyarakat. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(02).
Mukhyar, M., & Rosyid, M. (2020). Peran Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam bidang pendidikan. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 3(1), 114-140.
Mulyani, E. (2011). Model pendidikan kewirausahaan di pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1).
Mulyani, E., et al. (2010). Bahan pelatihan penguatan metodologi pembelajaran berdasarkan nilai-nilai budaya untuk membentuk daya saing dan karakter bangsa, pengembangan pendidikan kewirausahaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Naim, A., & Mahmudah, S. (2018). Motivasi entrepreneurship dalam meningkatkan lifeskill peserta didik di SD NU Insan Cendekia Kediri. Jurnal Penelitian Pendidikan Insan, 12(1).
Pangesti, I. (2018). Kebijakan dan penerapan model pendidikan kewirausahaan untuk sekolah dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 5(1), 72-81.
Pawestri, G. W., Sumantri, M. S., & Utomo, E. (2020). Evaluasi program kewirausahaan di SDK21 Penabur. Jurnal Basicedu, 3(3), 449-188.
Rachmadyanti, P., & Wicaksono, V. D. (2017). Pendidikan kewirausahaan bagi anak usia SD. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.
Setiti, S. (2014). Implementasi nilai kewirausahaan di Sekolah Dasar Negeri Sungai Besar 7 Banjarbaru.
Sukirman, S. (2017). Jiwa kewirausahaan dan nilai kewirausahaan meningkatkan kemandirian usaha melalui perilaku kewirausahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 20(1), 113-131.
Sunarmo, A. S., Widianingsih, R. W., Pratiwi, U. P., & Hidayat, T. H. (2018). Penerapan prinsip-prinsip good government governance, sistem pengendalian intern pemerintah, dan kompetensi SDM terhadap kinerja aparatur pemerintah daerah. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 16(1), 9-18.
Tahir, T., Hasan, M., Dinar, M., & Supatminingsih, T. (2020). Minat dan perilaku wirausaha siswa kelas XI jurusan pemasaran yang mengikuti praktik bisnis pada mata pelajaran pengelolaan bisnis ritel di SMKN 1 Gowa. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(04), 26-34.
Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2017). Pembelajaran blended learning melalui Google Classroom di sekolah dasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aktivisme: Jurnal Ilmu Pendidikan, Politik dan Sosial Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.