Pancasila sebagai Fondasi dalam Mewujudkan Kecerdasan Buatan yang Etis di Era Digital

Authors

  • Ahmad Muhamad Mustain Nasoha Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Ashfiyah Nur Atqiya Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Habib Ahmad Nazri Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Aulia Ashari Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Hasanah Cinta Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.62383/demokrasi.v2i2.888

Keywords:

Artificial Intelligence (AI), Digital Era, Pancasila

Abstract

The rapid development of artificial intelligence (AI) in the digital era has raised a variety of ethical issues that urgently need to be addressed wisely. In Indonesia, Pancasila as the foundation of the state has significant potential to become an ethical foundation in the development of responsible and humanity-oriented AI. This research uses a qualitative method with a literature study approach, examining various academic sources, such as relevant journals, books, and scientific articles. The analysis was conducted through content analysis techniques and reinforced with source triangulation to ensure the validity of the data. The results showed that the values of each precept in Pancasila are highly relevant to the ethical principles of AI, such as moral and spiritual responsibility reflected in the first precept, respect for human rights in the second precept, and the importance of democratization of technology and equitable distribution of benefits stated in the fourth and fifth precepts. Therefore, the integration of Pancasila values in every stage of AI development and application is crucial. This is so that the resulting technology is not only technically superior, but also reflects justice, inclusiveness, and commitment to human values. Collaboration between government, academia, industry, and society is the key to making Indonesia a pioneer in ethical and humanist AI development.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiahayati, A. (2023). Pancasila sebagai fondasi untuk kecerdasan buatan yang etis dalam ranah digital.

AICI UMG. (2023). Regulasi AI di Indonesia: Perkembangan hukum dan kebijakan.

Ambarningrum, N. H. T., & Najicha, F. U. (2022). Implementasi nilai-nilai Pancasila di era pandemi Covid-19. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 2624–2629.

Babys, R. A., Babys, S. A. M., & Benu, E. (2024). Filsafat artificial intelligence (AI) dan kemanfaatan untuk mewujudkan Indonesia yang berperadaban. Oratio Directa (Prodi Ilmu Komunikasi, 5(2).

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi. (2020). Strategi nasional untuk kecerdasan artifisial 2020–2045.

BPIP. (2023). Contoh pengamalan sila ke-3 Pancasila di lingkungan keluarga. Diakses dari https://bpip.go.id

CNN Indonesia. (2023). Nilai yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila dan penerapannya. Diakses dari https://www.cnnindonesia.com

Darmawan, A. B. (2020). Kekuatan artificial intelligence Tiongkok dan kekhawatiran masyarakat global: Resensi buku. Indonesian Perspective, 5(2), 216–220.

Dewi, N. N., & Najicha, F. U. (2022). Pentingnya menjaga nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat bagi generasi Z. Antropocene: Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 2(2).

East Ventures. (2023). AI di Indonesia: Situasi saat ini dan peluangnya.

Fadhila, H. I. N., & Najicha, F. U. (2021). Pentingnya memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila di lingkungan masyarakat. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, dan Politik, 4(2), 204–212.

Fitri Lintang, F. L., & Najicha, F. U. (2022). Nilai-nilai sila persatuan Indonesia dalam keberagaman kebudayaan Indonesia. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 79–85.

Irawan, I. (2024). Penerapan etika Pancasila dalam pengembangan kecerdasan buatan (AI) di Indonesia.

Joko Sutrisno, Susanti, A., & Hartono. (2023). Mengoptimalkan pembelajaran: Peran transformasi AI dalam dunia pendidikan.

Kasali, R. (2017). Strawberry generation: Mengubah generasi rapuh menjadi generasi tangguh. Mizan.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2023a). AI tidak terlepas dari berbagai aktivitas masyarakat, Kominfo siap luncurkan panduan etik penggunaan AI.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2023b). Kecerdasan buatan, membangun karakter bangsa di era digital.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMA/MA kelas X.

Kirani, A. P., & Najicha, F. U. (2022). Pentingnya pendidikan kewarganegaraan sebagai pedoman dalam menghadapi era Society 5.0 mendatang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2).

Kompas. (2023). Pancasila bisa jadi dasar etika penggunaan kecerdasan buatan.

Kompasiana. (2023). Penerapan Pancasila sila ketiga dalam kehidupan sehari-hari. Diakses dari https://www.kompasiana.com

Mahesti Shakira, A., & Najicha, F. U. (n.d.). Sinergi teknologi informasi dan pendidikan kewarganegaraan di era digital.

Muhamad, A., Nasoha, M., Atqiya, A. N., & Widiya, A. A. (2024). Peran Pancasila sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara dalam dinamika sejarah dan perkembangannya, 2, 379–395.

Muhamad, A., Nasoha, M., Atqiya, A. N., Wibowo, S., Ulfarisah, A., & Nugroho, M. S. (2024). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pembentukan hukum adat di Indonesia: Sebuah tinjauan filosofis dan sosiologis. Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Sebelas Maret, 12(2).

Muhammad, A., Nasoha, M., Keizafa, M., Agachi, Y., Muhammad, M. R., Apriyandi, M. B., & Romadoni, R. (2024). Pancasila dan penguatan hukum tata negara dalam era demokrasi. 1(2), 123–138.

Murtiningsih, S. (2023). Konsep penguatan pendidikan karakter (PPK) melalui pembelajaran pendidikan Pancasila. Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 112–117.

Nasoha, A. M. M., Atqiyah, A. N., & Aulia, D. R. (2025). Konsep dan urgensi dasar negara: Kedudukan Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum. 5 (UUD 1945).

Nathaniel Steave Harjanto, & Najicha, F. U. (2024). Pendidikan Pancasila sebagai kerangka etika dalam penggunaan kecerdasan buatan. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 30–37.

Nuryadi, & Tholib. (2017). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMA/MA kelas X. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pabubung, M. R. (2021). Epistemologi kecerdasan buatan (AI) dan pentingnya ilmu etika dalam pendidikan interdisipliner. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(2), 152–159.

Rosid, M. A. (2022). Buku ajar kecerdasan buatan/Artificial Intelligence (AI). Umsida Press.

Santo Gitakarma, M., & Tjahyanti, L. P. A. S. (2022). Peranan Internet of Things dan kecerdasan buatan dalam teknologi saat ini. KOMTEKS, 1(1).

Siau, K., & Wang, W. (2020). Artificial intelligence (AI) ethics: Ethics of AI and ethical AI. Journal of Database Management (JDM), 31(2), 74–87.

Sulistyowati, I. (2021). Buku ajar mata kuliah kecerdasan buatan (Artificial Intelligence). Umsida Press.

Susanto, H. (2021). Etika teknologi dan kecerdasan buatan dalam konteks Indonesia. Pustaka Pelajar.

Teuku Muharam Rizqullah, & Najicha, F. U. (2022). Pengimplementasian ideologi Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2).

UNESCO. (2021). Recommendation on the ethics of artificial intelligence. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.

Universitas Bina Nusantara Malang. (2022). Tantangan dalam pengembangan teknologi artificial intelligence di Indonesia.

Universitas Gadjah Mada. (2023). Menilik potensi pemanfaatan artificial intelligence (AI) dalam ragam sektor di Indonesia.

Wibowo, A., & Lestari, M. (2020). Kecerdasan buatan untuk pelayanan publik: Peluang dan tantangan di Indonesia. Gramedia.

Yuliana, D. (2022). AI dalam dunia pendidikan: Menuju pembelajaran yang inklusif dan personal. Remaja Rosdakarya.

Zulfa, A., & Najicha, F. U. (2022). Urgensi penguatan identitas nasional dalam menghadapi Society 5.0 di era globalisasi. *Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Ahmad Muhamad Mustain Nasoha, Ashfiyah Nur Atqiya, Habib Ahmad Nazri, Aulia Ashari, & Hasanah Cinta. (2025). Pancasila sebagai Fondasi dalam Mewujudkan Kecerdasan Buatan yang Etis di Era Digital. Demokrasi: Jurnal Riset Ilmu Hukum, Sosial Dan Politik, 2(2), 151–164. https://doi.org/10.62383/demokrasi.v2i2.888

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.