Tantangan dan Peluang dalam Pembelajaran IPS di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.62383/aktivisme.v2i1.692Keywords:
Opportunity, Challenge , Social studies learningAbstract
In the era of advancing technology, accessing information across various fields, including education, has become easier. The digital era demands that students adapt to technology to avoid falling behind in the face of rapid developments. This article employs a literature study method to analyze various theories and previous research relevant to the challenges and opportunities of learning Social Studies (IPS) in the digital era. In this context, both teachers and students need to possess strong digital literacy skills to filter accurate, objective, and useful information that supports the learning process.
Downloads
References
Ali, A., et al. (2024). Media pembelajaran interaktif: Teori komprehensif dan pengembangan media pembelajaran interaktif di sekolah dasar. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Azri, A., & Raniyah, Q. (2024). Peran teknologi dan pelatihan guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 3(4), 4859-4884.
Dewantara, H. S. E. (2024). Membangun masa depan pendidikan: Inovasi dan tantangan dalam sertifikasi guru di Indonesia. PT Indonesia Delapan Kreasi Nusa.
Fitriyani, F., & Nugroho, A. T. (2022). Literasi digital di era pembelajaran abad 21. Elmujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 201-208.
Fricticarani, A., et al. (2023). Strategi pendidikan untuk sukses di era teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56-68.
Ginanjar, A., Putri, N. A., Nisa, A. N. S., Hermanto, F., & Mewangi, A. B. (2019). Implementasi literasi digital dalam proses pembelajaran IPS di SMP Al-Azhar 29 Semarang. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 4(2), 99-105.
Hamid, S. W. (2023). Pengembangan teknologi media pembelajaran: Merancang pengalaman pembelajaran yang inovatif dan efektif. Tiram Media.
Idris, M., & Tolla, I. (2024). Evolusi sistem pendidikan di Indonesia: Sejarah dan perkembangan pendidikan di Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 8(2), 1494-1505.
Ilmi, A. R. M., et al. (2024). Belajar di era digital: Memahami teknologi pendidikan dan sumber belajar online. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 782-789.
Khasanah, R. (2024). Peluang digital dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar: Menyongsong era digital. Pena Edukasia, 2(3), 72-79.
Kusumawati, H., Wachidah, L. R., & Cindi, D. T. (2022). Dampak literasi digital terhadap peningkatan keprofesionalan guru dalam kegiatan belajar mengajar. In Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV (Vol. 3, No. 1).
Kusumawati, I., Lestari, N. C., Sihombing, C., Purnawanti, F., Soemarsono, D. W. P., Kamadi, L., … & Hanafi, S. (2023). Pengantar pendidikan. CV Rey Media Grafika.
Linawati, I. R., et al. (2024). Digital society (Pemahaman dan inspirasi dalam beradaptasi pada era digital society). Deepublish.
Lubis, P., Mardianto, M., & Nasution, M. I. P. (2023). Gerakan literasi sekolah: Tantangan literasi di era digital dan cara mengatasinya. Jurnal Media Infotama, 19(2), 487-496.
Novitasari, S. A. (2023). Penerapan pembelajaran berbasis proyek di luar kelas: Memperkuat keterlibatan siswa melalui pembelajaran di komunitas lokal. Jurnal Pendidikan West Science, 1(04), 248-257.
Purnamasari, I. (2017). Keragaman di ruang kelas: Telaah kritis wujud dan tantangan pendidikan multikultural.
Rahman, R., Jabri, U., & Suparman, S. (2024). Peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV melalui penggunaan media poster di UPT SDN 90 Pinrang. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 644-655.
Saerang, H. M., Lembong, J. M., Sumual, S. D. M., & Tuerah, R. M. S. (2023). Strategi pengembangan profesionalisme guru di era digital: Tantangan dan peluang. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 65-75.
Sulianta, F. (2020). Literasi digital, riset dan perkembangannya dalam perspektif social studies. Feri Sulianta.
Suyuti, S., et al. (2023). Analisis efektivitas penggunaan teknologi dalam pendidikan terhadap peningkatan hasil belajar. Journal On Education, 6(1), 1-11.
Widodo, A., et al. (2020). Pendidikan IPS menjawab tantangan abad 21: Sebuah kritik atas praktik pembelajaran IPS di sekolah dasar. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), 185-198.
Widodo, M. B. P., et al. (2023). Society 5.0 pembelajaran IPS. Cahya Ghani Recovery.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aktivisme: Jurnal Ilmu Pendidikan, Politik dan Sosial Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.