Efektivitas Metode Diskusi terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS SD/MI

Authors

  • Afwa Shofatun Nisa Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten
  • Iis Suharyati Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten
  • Oman Farhurohman Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten

DOI:

https://doi.org/10.62383/aktivisme.v2i1.771

Keywords:

method, discussion, social-science

Abstract

The aim of this research is to determine if the discussion method enhances student learning outcomes in social studies for SD/MI. A literature review approach was utilized to conduct this investigation. This method is based on several relevant articles that explore how discussion techniques influence learning outcomes in social studies at the SD and MI levels. Findings from various journals indicate that the discussion method significantly improves academic performance, and its implementation effectively boosts student achievement, particularly in social studies classes for elementary students.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budihartini, Tentrem. “Efektivitas Metode Diskusi Kelompok dalam Meningkatkan Pengetahuan Siswa.” PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora vol 2, no. 1 (2022).

Febriani, Meli. “IPS dalam Pendekatan Konstruktivisme (Studi Kasus Budaya Melayu Jambi).” Aksara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Nonformal vol 7, no. 2 (2021).

Hanna Sajida, Yuni. “Analisis Efektivitas Pembelajaran Metode Diskusi dalam Meningkatkan Berfikir Kritis Siswa di Kelas.” Jurnal Ilmiah Telaah vol 9, no. 2 (2024)

Haq, Taufiq Ziaul. “Metode Diskusi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.”

Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam vol 2, no. 2 (2019).

Hariyanto. Metode Diskusi Tipe Kokok Meningkatkan Motivasi, Aktivitas, dan Prestasi Belajar Siswa. NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia, 2022.

Nofiana. “Efektivitas Penerapan Metode Diskusi-Simulasi Terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Biologi.” Jurnal Edukasi Matematika dan Sains vol 4, no. 2 (2017).

Purba. “Penggunaan Metode Pembelajaran Terhadap Motivasi Pentingnya Pendidikan.”

Abdi Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat vol 2, no. 2 (2023).

Rosdiana, Agus Rahman, Musakal. “Efektivitas Metode Diskusi dalam Meningkatkan Partisipasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar.” Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia vol 4, no. 2 (2024).

Supriyati, Ika. “Penerapan Metode Diskusi dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara.” Jurnal Bahasa dan Sastra. vol 5, no. 1 (2020).

Yerni, “Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 04 Paninggahan Kecamatan Junjung Sirih Melalui Metode Diskusi Berbasis Saintifik". Jurnal Aufklarung. vol 1, no. 1 (2019).

Downloads

Published

2025-01-10

How to Cite

Afwa Shofatun Nisa, Iis Suharyati, & Oman Farhurohman. (2025). Efektivitas Metode Diskusi terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS SD/MI. Aktivisme: Jurnal Ilmu Pendidikan, Politik Dan Sosial Indonesia, 2(1), 213–219. https://doi.org/10.62383/aktivisme.v2i1.771

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.